Selasa, 02 April 2013

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA NASIONAL SCIENTIFIC GREAT MOMENT (SGM) 4


A.   Tema       : Sinergitas Pengembangan Teknologi Menuju Indonesia Mandiri
B.   Subtema :
·      Teknologi Pangan
·      Teknologi Energi Terbarukan Ramah Lingkungan
C. Latar Belakang
Dewasa ini, krisis pangan dan energi serta berbagai isu lingkungan kembali menjadi topik hangat di Indonesia. Sebenarnya wacana tersebut merupakan masalah lama yang hingga kini masih terus menjadi perhatian masyarakat, karena belum adanya pemecahan dan langkah solutif yang dapat mengatasinya dan membuat negeri kita masih banyak bergantung pada negara lain. Melalui pengembangan teknologi dan aplikasi, segala permasalahan tersebut diharapkan dapat dipertemukan dengan jalan keluarnya. Mahasiswa sebagai agent of change berpotensi besar sebagai inisiator dan inovator dalam pengembangan teknologi tepat guna demi mewujudkan Indonesia yang mandiri. Diharapkan melalui kompetisi ini akan muncul buah karya anak bangsa yang membawa perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik.

D. Tujuan      :
Mengeksplorasi ide dan gagasan inovatif di bidang pengembangan teknologi tepat guna demi mewujudkan Indonesia yang mandiri.
E. Deskripsi Lomba
Karya Tulis Ilmiah yang dapat dikompetisikan dapat berupa gagasan maupun hasil penelitian orisinil dan inovatif. Gagasan dan penelitian merupakan inovasi teknologi tepat sesuai dengan sub tema yang telah ditentukan oleh panitia. Mekanisme lomba dimulai dengan pengiriman abstrak (gratis), kemudian penyeleksian abstrak terbaik yang akan dilanjutkan dengan pengiriman berkas karya tulis ilmiah dari abstrak terbaik tadi. Dari karya yang masuk, dipilih 10  karya terbaik sebagai finalis yang akan dipresentasikan dan para finalis berhak  mengikuti Seminar Nasional serta Bazar Pangan dan Teknologi di gedung Widyaloka Universitas Brawijaya pada tanggal 25 Mei 2013
F. Ketentuan Peserta
1.    Peserta lomba karya cipta adalah mahasiswa yang masih menempuh program studi D3/S1 seluruh Indonesia  baik dari PTN dan PTS.
2.    Peserta merupakan tim yang terdiri dari maksimal 3 orang dengan 1 orang sebagai ketua dan dibimbing 1 dosen.
3.    Anggota kelompok dapat berasal dari program studi yang berbeda tetapi masih dalam perguruan tinggi yang sama
4.    Seorang peserta hanya boleh menjadi ketua pada 1 karya dan boleh mengirimkan maksimal 2 karya pada tim yang berbeda. Setiap tim hanya memilih salah satu sub tema yang ditawarkan
5.    Karya tulis merupakan karya sendiri/orisinil dari mahasiswa yang bersangkutan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutkan dalam perlombaan sejenis ataupun dalam lomba SGM sebelumnya yang diselenggarakan ARSC, belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
6.    Karya yang berupa tugas akhir (TA) dapat diikutsertakan dalam lomba dengan catatan peserta masih berstatus aktif pada waktu mendaftar hingga berlangsungnya babak final.
G. Seleksi Lomba
a.    Seleksi Abstrak
Abstrak Karya tulis ilmiah yang diajukan oleh peserta dalam bentuk softcopy diseleksi oleh tim penilai yang telah ditentukan.. Dalam tahapan ini akan dipilih maksimal 50 % abstrak terbaik untuk mengikuti tahap seleksi karya tulis.
b.    Seleksi Karya Tulis
Hasil karya tulis yang dikirim akan diseleksi oleh tim penilai dan juri dan akan ditentukan maksimal 10 finalis untuk mempresentasikan karya tulis.

J. Agenda Lomba
Pendaftaran Abstrak                             : 1 April - 27 April 2013
Pengumpulan Abstrak                           : 1 April - 27 April 2013
Seleksi Abstrak                                     : 28 April - 2 Mei 2013
Pengumuman Abstrak Terbaik              : 3 Mei 2013
Pengumpulan Karya Tulis                     : 4 Mei - 11 Mei 2013
Seleksi Karya    Tulis                             : 12 Mei – 17 Mei 2013
Pengumuman Finalis                             : 18 Mei 2013
Presentasi                                             : 24 Mei 2013
Seminar SGM4                                      : 25 Mei 2013
Pengumuman                                        : 25 Mei 2013
H. Hadiah:
Juara 1 : Rp  3.500.000 + Trofi + Sertifikat
Juara 2 : Rp  2.500.000 + Trofi + Sertifikat
Juara 3 : Rp 1.500.000 + Trofi + Sertifikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar